Khutbah Jum'at: Iman dan Ilmu Menjadi Bagian dalam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

IMAN DAN ILMU MENJADI BAGIAN DALAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Oleh: Muhammad Alfatih Suryadilaga

Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam 2020-2024

اَلْحَمْدُ للهِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ الْقَائِلِ في مُحْكَمِ كِتَابِهِ: يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (سورة المجادلة: ١١)

Syukur alhamdulillah atas segala nikmat karunia yang diberikan Allah swt. sehingga kita semua dapat melaksanakan shalat Jum'at berjamaah di masjid kampus UIN Sunan Kalijaga Yogakarta. Setidaknya dua hal yang patut disyukuri berdasarkan hadis Nabi saw., yaitu kesehatan dan kesempatan. Kedua macam nikmat tersebut sering diabaikan dan menjadikan ummat manusia kurang dalam bersyukur.

Sebagai insan yang beriman, marilah selalu meningkatkan rasa syukur dengan menjalankan perintah Allah swt. dan Rasul-Nya serta menjauhi segala larangan keduanya. Itulah hakikat dalam keberagamaan yang menjadi bekal yang sebaik-baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, bekal taqwa ini akan menjadikan manusia mendapatkan kebahagiaan dengan kemudahan dan membuka pintu rizki yang lebar.

Hadirin Jamaah Jum'at Rahimakumullah

Sebentar lagi, aktivitas kampus akan memasuki semester Gasal 2020/2021. UIN Sunan Kalijaga memulainya 5 Oktober 2020. Seluruh mahasiswa, dosen dan tendik melaksanakan kegiatan rutinnya masing-masing. Khusus mahasiswa baru minggu depan sudah memulai PbAK dan Sospem sebagi bagian ritual khusus untuk mereka yang baru bergabung dengan kampus UIN. Ucapan yang pantas adalah selamat datang, Ahlanwasahlan bi khudurikum kepada seluruh mahasiswa ba ru dari delapan fakultas.

Selamat bergabung dan menjadi generasi unggul dengan berkuliah di UIN Sunan Kalijaga. Allah swt. megangkat derajat orang yang berilmu. Hal tersebut tertuang dalam Q.S. al-Mujadalah (58): 12.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (سورة المجادلة: ١١) ـ

Maknanya: “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat, dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.” (QS al Mujadilah: 11)

Sehingga ilmu ini menjadi bagian penting dalam perkembangan masyarakat di dunia. Islam dengan kemajuan keilmuan di dalamnya pernah menjadi bagian peradaban dunia. Setidaknya tujuh abad lamanya di Spanyol dengan lahirnya ilmuwan muslim kenamaan seperri Ibn Sina (ilmu kedokteran), Abbas bin Firnas (alat penerbangan), al-Zarqalli (asteonome yang mengenalkan teoei astrolable), Azzahrawi (ahli bedah) selain itu lahir pendekar filsafat Ibn Tufail, Ibn Bajjah dan lainnya.

Hadirin Jama'ah Shalat Jum'at Rahimakumuah

Kejayaan di atas juga dilengkapi beragam peninggalan yang spektakuler. Kenangan kita atas negeri Matador ini tidak saja dengan Bercelona dan Madrid dalam persepakbolaan saja melainkan juga peninggalan yang legendaris. Setidaknya, Granada dengan masjid al-hamra, Cordoba, Sevilla, dan sebaginya menjadi bagian terpenting yang dapat dinikmati sampai sekarang.

UIN Sunan Kalijaga dengan keilmuan yang dikaji di dalamnya dapat mengantarkan iman dan ilmu meningkat. Kajian Islam tidak hanya dalam satu perspektif melainkan teruntegrasi dan interkoneksi dengan keilmuan lain. Sehingga tidak ada dikotomi keilmuan di dalamnya. UIN Sunan Kalijaga telah membuat tiga fakultas baru yang di era IAIN hanya mengajarkan keilmuan agama. Fakultas Saintek, Isoshum dan Ekonomi Bisnis menjadi bagian penting dalam perubahan.

Hadirin Jama'ah Jum'at Rahimakumullah

Akhir bulan nanti tepatnya 26 September 2020 usia kampus mencapai 96 tahun. Di usia yang hampir seabad lamanya bagi PTKI di Indonesia adalah usia yang sudah tua bahkan paling tua sendiri. Seluruh civitas akademika UIN Sunan Kaijaga dengan kepemimpinan baru Prof. Almakin bergerak menuju perubahan dengan motto UIN untuk Bangsa dan UIN mendunia. Atas dasar inilah mari mahasiswa baru UIN Sunan Kalijaga untuk menjadi bagian dari perubahan itu. Atas rahmat Allah swt. dan didukung keinginan luhur pejabat baru baik di rektorat maupun dekanat di fakultas usaha menjadikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai PTKI yang mampu berkontrubusi untuk bangsa dan dunia dapat terwujud.

Akhirnya, marilah berdo'a untuk kebaikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kebaikan pimpinan, dosen tendik dan mahasiswa serta seluruh masyarakat Indonesia. Hajat, keinginan, kemudahan dan kesehatan yang dipanjatkan setelah pelantikan para pimpinan baru dapat segera terwujud dengan rahmat dan kasih sayang Allah swt. Hanya kepada Allah swt. kami bermohon dan meminta dengan ketulusan hati.

أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

DO’A KHUTBAH II

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ للهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَلاَهُ وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. أَمَّا بَعْدُ: أَيــُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا اللهَ تَعَالَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ يَوْمَكُمْ هَذَا يَوْمٌ عَظِيْمٌ، فَأَكْثِرُوْا مِنَ الصَّلاَةِ عَلَى النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ، إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأيــُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْحَمْنَا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ بِالإِسْلاَمِ وَلَكَ الْحَمْدُ بِالإِيْمِانِ وَلَكَ الْحَمْدُ بِالْقُرْآنِ وَلَكَ الْحَمْدُ بِشَهْرِ رَمَضَانَ وَلَكَ الْحَمْدُ بِالأَهْلِ وَالْمَالِ وَالْمُعَافَاةِ لَكَ الْحَمْدُ بِكُلِّ نِعْمَةٍ أَنْعَمْتَ بِهَا عَلَيْنَا. سُبْحَانَكَ لاَ نُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ فَلَكَ الْحَمْدُ حَتَّى تَرْضَى وَلَكَ الْحَمْدُ إِذَا رَضِيْتَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى عَبْدِكَ ونَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلاًّ لِلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّنـَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ وَعَمَلٍ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ وَعَمَلٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِجَمِيْعِ مَوْتَى الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ شَهِدُوْا لَكَ بِالْوَحْدَانِيَّةِ وَلِنَبِيِّكَ بِالرِّسَالَةِ وَمَاتُوْا عَلَى ذَلِكَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُمْ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُمْ وَاغْسِلْهُمْ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِمْ مِنَ الذٌّنُوْبِ وَالْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَجَازِهمْ بِالْحَسَنَاتِ إِحْسَانًا وَبِالسَّيِّئَاتِ عَفْوًا وَغُفْرَانًا.

عِبَادَ اللهِ, إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَخْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونْ فَاذْكُرُوا اللهَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْـئَلُوْهُ مِنْ فَضْـلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ.

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler