Lembaga Pengembangan Al Qur'an

Lembaga Pengembangan Al Qur’an (LPQ) adalah bentuk lanjutan dari Ujian Sertifikasi Baca Tulis Al Qur’an (BTQ). Dengan dijadikannya Kegiatan Ujian Sertifikasi menjadi sebuah lembaga, diharapkan dapat menambah jangkauan dan dapat menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

Laboratorium Agama dirasa sangat tepat untuk pengembangan kualitas diri dalam hal membaca dan memahami al Qur’an. Selain tempat yang memang didesain untuk melaksanakan diskusi dan kajian, terdapat banyak dosen ahli yang bisa menjadi pengajar dalam program ini, sehingga sanad keilmuan akan tetap terjaga.

Lembaga Pengembangan al Qur’an ini nantinya akan membawahi beberapa kegiatan, seperti bimbingan baca Qur’an, bimbingan hafalan al Qur’an, kajian tafsir Qur’an dan Ujian sertifikasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir yang hendak melaksanakan Sidang Munaqosyah.

Sertifikat hasil Ujian sertifikasi Baca Tulis al Qur’an menjadi syarat penting yang harus dimiliki mahasiswa untuk bisa melaksanakan sidang munaqosyah. Bagi mahasiswa yang belum memiliki bekal bacaan Qur’an yang bagus, maka mahasiswa dapat mendaftar bimbingan sebagai persiapan sebelum melaksanakan sidang.