Sertifikasi Baca Tulis Alqur'an

Sertifikasi Baca Tulis Alqur’an (BTA) adalah ujian yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir yang ingin melaksanakan ujian skripsi (munaqosyah). Ujian ini digunakan sebagai sebuah penilaian atas pemahaman dan kompetensi mahasiswa dalam membaca Alqur’an.

Ujian yang diselenggarakan oleh Laboratorium Agama diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) serta mahasiswa dari program studi pendidikan pindahan dari Fakultas Saintek.

Mahasiswa yang berniat melaksanakan ujian BTA dapat melakukan pendaftaran pada menu Daftar. Persiapkan dokumen berupa foto 3X4, scan KTM dan formulir pendaftaran. Formulir pendaftaran ini bisa diunduh di pada menu Download Formulir yang ada pada menu Sertifikasi Baca Tulis Alqur’an. 

Pendaftaran yang masuk akan terlebih dahulu diverifikasi. Bagi mahasiswa yang sudah lolos verifikasi, maka akan diberikan jadwal ujian yang bisa dilihat pada menu Jadwal Ujian

Ujian dilakukan dengan dua model cara, yakni luring dan daring. Bagi mahasiswa yang berada di Jogja dapat mengikuti ujian secara luring dan sertifikat bisa diambil pada hari yang sama. Sedangkan bagi mahasiswa yang memiliki nilai di bawah standart, maka dapat mengulanginya kembali.

Untuk persyaratan luring, mahasiswa diwajibkan membawa dokumen cetak. Sedangkan pembayaran biaya administrasi bisa dilakukan ketika ujian. Ujian dilaksanakan di kantor sekretariat Laboratorium Agama pada jam yang telah ditentukan. 

Kemudian mahasiswa yang berada di luar jogja bisa mengikuti ujian secara daringSertifikat hasil ujian akan dikirimkan dalam bentuk softfile, kemudian sertifikat cetaknya bisa diambil ketika di jogja dengan menyertakan foto 3X4, scan KTM, bukti transfer dan softfile sertifikat yang sudah dikirimkan. Masing-masing berjumlah satu buah dan dalam bentuk cetak.

Sertifkat dari ujian ini nantinya akan menjadi syarat wajib bagi mahasiswa untuk bisa melaksanakan ujian akhir. Bagi mahasiswa yang telah mendapatkan sertifikat BTA, bisa malakukan konfirmasi ke pihak TU Fakultas untuk bisa diizinkan menuju proses selanjutnya.